Hari berikutnya, setelah sarapan kami bersiap untuk melakukan trip berikutnya, diving di area Nusa Penida. Sering banget denger mengenai pulau ini, tapi sekalipun saya belum pernah mengunjunginya. Perjalanan ke Pelabuhan Kapal di Sanur hanya memakan waktu tidak lebih dari 30 menit. Rombongan dibagi dalam 3 kapal, dengan masing-masing kapal bisa dimuati sampai dengan 7 orang

Hari ini kita akan langung ke 3 spot sekaligus yaitu Crystal Bay, SD Point, dan Manta Point. Ketiga nya memiliki karakteristik yang hampir sama. Memiliki arus kencang, arus dingin, dengan visibility yang cukup bagus, bisa mencapai 50 meter.

Crystal Bay terletak di dekat pantai pasir putih di sebuah lagoon pulau. Pantainya sangat putih dan bersih. Kapal kita berhenti dengan jarak kurang lebih 50 meter dari bibir pantai. Tepat di bawah kapal, di bawah laut kita bisa melihat hamparan pasir halus dengan ditumbuhi beberapa tanaman cacing-cacing pasir yang melambai-lambai mengikuti arus ombak. Kami juga menemukan beberapa kuda laut mungil yang sangat lucu dan berjalan seperti layaknya orang breakdance. Kita bergerak memutar meleati beberapa coral-coral indah, untuk kemudian kembali di titik sama tempat kapal kita bersandar.

Setelah diving, its coca cola time…..

Manta Point, sesuai namanya, saya sudah berharap akan melihat banyak manta. Namun saya hanya menemukan 1 manta di kejauhan. Dia berenang dengan indahnya. Kok…binatang bagus gitu, dimakan ya..?  Profil area ini adalah memiliki wall yang cukup dalam, yang bisa mencapai sekitar 50 meter. Terumbu karang kurang  bervariasi, namun memiliki variasi ikan yang cukup banyak. Beberapa kali kami juga mempergoki gurita kecil dan ular laut sedang bersenang-senang. Arus di daerah ini sangat kencang. Tanpa usaha pun, kami sudah terus mengikuti arus. Jadi bisa hemat nitrox nih. Namun pada site ini, arusnya sangat-sangat dingin.

Setelah diving, its coca cola time…..

SD Point, terletak sisi utara Pantai Nusa Penida. Lokasinya nya tidak jauh dari bibir pantai. Namun tetap memiliki arus yang cukup kuat. Kami dijanjikan bisa menemukan ikan aneh; ikan mola-mola. Ikan besar berbentuk aneh, namun sayang, sepertinya ikan ini sedang tidak ingin menampakan dirinya. Tak apalah, kami masih disuguhi beberapa pemandangan alam bawah laut yang tidak kalah indah. Tidak lupa juga kami melakukan beberapa photo session untuk keperluan narsisme kami.

Setelah diving, its coca cola time…..

Bangun pagi keesokan harinya, setelah malam sebelumnya kami melakukan pesta diver, kami bersiap melakukan wisata air lainnya, ke Pulau Nusa Lembongan ! Kali ini kami berlayar dengan kapal super mewah Bali Hai. Sekali-kali merasakan enaknya jadi orang jetset. Kapal ini memang kapal besar dan banyak turis asing mengikuti pelayaran ini. Pulau Nusa Lembongan berjarak sekitar 1,5 jam perjalanan dari Pelabuhan Benoa. Pulau ini banyak memiliki hotel, dari kelas melati sampai dengan kelas berbintang. Pulau ini sangat cocok buat para wisatawan yang sekedar ingin menikmati ketenangan di pinggir pantai yang bersih dan dibawah rindangnya pohon-pohon. Ngliyep-ngeliyep….zzzzz….zzzzzz.

All photo by : Andrew Lioe dan Teguh Aryanto

Rekomendasi :

Sewa Alat diving : Onblue : http://www.truedivebali.com/1/pages/dive-site/tulamben.php